Senin, 26 Desember 2011

Beberapa Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Pengelelolaan keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilalkukan, mengapa demikian?
Jawabannya sangat sederhana sulitnya mengatur keuangan umumnya diakibatkan hasrat manusia untuk memiliki suatu bentuk barang ataupun suatu bentuk tindakan yang memuaskan hasrat(keinginan).


Dalam hal ini untuk mengelola keuangan yang pertama dilakukan adalah mengelola hasrat/keinginan diri terhadap sesuatu yang tidak menghasilkan timbal baik yang berguna. Dalam hal ini diperlukan pemilahan terhadap kegiatan ataupun jenis barang yang akan kita belanjakan.


Setelah pengendalian tersebut dapat kita lakukan, kita dapat melaukan beberapa trik yang mudah seperti di bawah ini :


Pencatatan

Hal ini merupakan kegiatan paling sederhana dan mudah dilakukan. Dengan pencatatan setiap kegiatan belnja, kita dapat mengetahui sejauh mana uang kita dipergunakan dan sejauh mana uang tersebut tepat dalam penggunaannya. Pencatatan ini juga bisa menjadi pengendali dalam penanganan uang untuk kedapannya.


Menabung

Kegiatan yang sudah ditanamkan sejak kita kecil, sejak TK kita sudah mengenal istilah menabung namun dalam praktek sehari-hari hal ini sulit dilakukan. Menabung merupakan upaya “menyisihkan” segenap uang yang kita miliki, dalam upaya “menyisihkan” kita tidak harus terikat oleh nominal. Tidak harus selalu menyisihkan sejumlah besar nominal uang yang sama, namun sisihkanlah uang yang sanggup disisihkan. Untuk awalnya cobalah dengan Rp 1000, nominal yang tidaklah memberatkan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar