Minggu, 28 November 2010

Organisasi dan Metode

ORGANISASI DAN METODE
1.     Organisasi
Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Pengertian organisasi menurut para ahli :
-Organisasi menurut Stoner
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
-Organisasi menurut James D. Mooney
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
-Organisasi Menurut Chester I. Bernard
 merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Ciri-ciri dari organisasi adalah
- komponen ( atasan dan bawahan)
- kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- tujuan
- sasaran
- keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
 1.      Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya yaitu :
-Perseroan Terbatas (PT)
-Perseroan Komanditer (CV)
-Firma (FA)
-Koperasi
-Join ventura
-Holding Company

2.      Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan.
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur pembentukannya :
-Keagamaan
-Profesi
-Kepemudaan
-Kemahasiswaan
-Kepartaian & Kekaryaan
-Organisasi Regional dan internasional.

BENTUK ORGANISASI
1. Organisasi Garis
2. Organisasi Garis dan staf
3. Organisasi fungsional
4. Organisasi Panitia
5. Organisasi Lini dan Staf


 2.    Metode
Metode merupakan rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunanan segala sumber dan factor yang menentukan untuk barhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan..
Ada beberapa pengertian yang terkandung dari atas yaitu :
  1. organisasi dan metode merupakan syarat pelaksanaan kerja yang menjadi kunci utama.
  2. Organisasi dan metode merupakan bagian penting dalam kegiatan manajemen.
  3. Organisasi dan metode bisa memanfaatkan waktu yang ada.
  4. Untuk mencapai tujuan, organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efesiensi kerja.
  5. Hubungan antara organisasi dan metode dengan sangat erat kaitannya. Hingga dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar